Tabir Surya: Apakah Yang Harus Diketahui?

Tabir Surya:

Apakah Yang Harus Diketahui?

Keberadaan Sunscreen (Tabir Surya/TS) sudah lama kita rasakan, tetapi beberapa hal yang berhungan dengan TS masih belum diketahui secara luas sehingga masih ada beberapa hal yang kurang tepat yang masih dilakukan masyarakat.

Apakah Tabir Surya Itu?

TS merupakan preparat topikal yang digunakan untuk mencegah terbakar surya (sunburn) dan melindungi kulit dari beberapa jenis kerusakan. Sunburn disebabkan oleh paparan sinar matahari terhadap kulit dan proses ini dapat dikurangi dengan pemakaian TS. Perlindungan jangka panjang melawan penuaan kulit dan kanker kulit juga merupakan tujuan pemakaian TS. Penuaan kulit dan kanker kulit merupakan proses biologis yang kompleks yang diakibatkan karena paparan sinar matahari.

Manfaaat Tabir Surya

TS yang mampu mengabsorbsi UVR dan mengurangi sinar yang mencapai kulit bisa mencegah sunburn. Kanker kulit merupakan tipe kanker yang paling sering terjadi pada manusia, salah satu faktor yang sangat berperan pada kanker kulit adalah paparan matahari. Menurunkan paparan sinar UVR terhadap kulit diharapkan dapat mencegah kanker kulit. Ada tiga tipe utama kanker kulit: Basal cell carcinoma (BCC), squamous cell carcinoma (SCC) dan highly malignant cutaneous melanoma (MM). TS mencegah sunburn dan bisa menurunkan risiko kanker kulit, tetapi hanya pada orang-orang yang tidak terlalu lama terpapar. Pemakaian TS sebaiknya disertai dengan penghindaran matahari yang yang meliputi berteduh sebisa mungkin, mengenakan baju, pengaturan aktifitas outdoor , dan penggunaan TS dengan sun protection factor (SPF) minimal 15.

Kandungan Aktif TS

TS dibedakan menjadi kimia dan non kimia. Tentu saja semua TS dibuat dari bahan kimia. Konsep kimia dengan non kimia merujuk pada apakah kandungan aktif (ultraviolet radiation absorbing chemical/UVRAC) merupakan bahan organik (terbuat dari campuran yang mengandung karbón) atau inorganik (tidak mengandung karbón). TS dengan segala atributnya (seperti waterproof atau sweatproof) sering digunakan baik sebagai foto protektif sehari-hari atau rekreasional. Akhir-akhir ini formulasi kombinasi organik dan inorganik menjadi sangat populer dan frekuensi penggunaan campuran inorganik meningkat. Pergeseran ini tidak hanya karena efektifitas campuran inorganik, tetapi juga karena efek samping dari TS organik. TS inorganik dipandang sebagai pigmen yang tidak berbahaya yang tidak dapat masuk kulit dan lebih tidak dipengaruhi energi cahaya.

Sun Protecting Factor (SPF)

SPF diinterpretasikan seberapa lama kulit yang memakai TS mengalami sunburn dibandingkan kulit yang tidak memakai TS. Lebih tepat, SPF didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah minimal energi ultraviolet yang diperlukan untuk menyebabkan eritema minimal pada kulit yang terlindungi TS dibandingkan dengan jumlah energi yang diperlukan untuk menyebabkan eritema yang sama pada kulit yang tidak terlindungi. Definisi kulit yang terlindungi adalah yang diberi lapisan TS sebanyak 2 mg/cm2 .

Apakah yang perlu diperhatikan?

Faktor pemakaian TS sangat menentukan. Kebanyakan pengguna merasa tidak nyaman dengan pemakaian 2 mg/cm2, dan lebih suka memakai separuhnya. Anjuran untuk memakai dalam jumlah yang lebih besar biasanya tidak berhasil.

Faktor lain yang penting adalah permukaan kulit alami yang tidak rata. Jika TS dioleskan ke kulit dengan kepadatan rendah maka cekungan dan sulkus epidermis yang terlihat akan terisi TS. Dengan pemakaian selajutnya, penonjolan-penonjolan epidermis juga akan tertutupi sehingga menjadi lebih tidak tampak.

Nasihat untuk pengguna TS adalah sebagai berikut :

  • Memakai TS 15 sampai 30 menit sebelum keluar/terpapar.

  • Memakai lagi TS pada kulit terpapar 15 sampai 30 menit setelah mulai terpapar matahari atau mungulangnya tiap 2 jam.

  • Pemakaian kembali selanjutnya terutama jika perlu misalnya setelah aktifitas berat yang dapat menghilangkan TS, seperti berenang, memakai handuk, atau berkeringat banyak dan setelah penggosokan.

  • Anak-anak (diatas 6 bulan) juga perlu memakai TS.

  • Gunakan TS spektrum luas (bisa mencegah UVA & UVB) SPF minimal 15 sd 30.

  • TS ‘waterproof’ u aktifitas di air dan pakai lagi setelah aktifitas

  • Jangan lupa telinga, hidung, leher, tangan juga diolesi TS

  • Hindari permukaan yg bisa mementulkan sinar misalnya air, pasir, awan, aspal bisa memantulkan sinar

  • Awan bukan pelindung

  • Hindari ‘midday sun’ : 09.00 – 16.00

  • Jika di luar rumah usahakan berada dibawah ‘bayangan’

  • Pakai perlengkapan proteksi lain (pakaian-gelap lbh baik, topi lebar-1 inci~10% perlindungan thd kanker, kacamata,dll)

  • Pantau UV Index jika mungkin, hindari keluar rumah jika tinggi

  • Pakai TS bersamaan dg produk perawatan lain (moisturizer)

  • Hindari sunlamps dan tanning parlow sunlamps

Efek Samping TS

Selain memberikan manfaat, TS juga bisa memberikan efek samping , seperti:

· Dermatitis Kontak Alergika

· Dermatitis Fotokontak Alergika

· Urticaria

Jika menemui hal-hal tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pemakaian TS supaya segera menghubungi dokter.

DAFTAR PUSTAKA

1.Lim HW. Photoprotection and sun protective agents. In: Wolf K, Goldsmith LA, Katz SI, Gilchrest AS, Leffell DJ, editors. Fitzpatrick’s Dermatology in General Medicine.7ed. New York: Mc Graw Hill;p. 2137-42.

2. Cunningham W. Agng and photoaging. In: Baran R, Maibach HI, editors.Textbook of Cosmetic Dermatology.3ed. Now York: Tailor & Francis;p.448-9.

***&***

3 Responses so far »

  1. 1

    mariasonhaji said,

    waah artikelnya niat n bagus banget, bisa buat referensi PPDS, he he.. Mb, aku dapat saran, katanya hati-hati lho pasang gambar, ntar di ‘crop’ sama orang iseng dan disalahgunakan..

  2. 2

    healthyskinbyafif said,

    Makasih masukannya…Memang harus hati-hati kalau memasukkan gambar. Benar memang bisa disalahgunakan sehingga kita harus memperhatikan etika/aturannya…
    Mudah-mudahan kita tidak mengara ke situ…

    Salam,

  3. 3

    Mas Ali said,

    Ass. wr.wb.
    Waah bagus tuh Blognya, saran saya kontensnya di perbanyak. dan bener tuh fotonya bisa di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
    Ok Sukses yaa.
    Wassalam


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: