Mitos Seputar Jerawat

Mitos Seputar Jerawat….???

Ada banyak mitos yang berkaitan dengan jerawat yang sering menambah panik penderitanya.
1. Makanan tertentu memperparah jerawat
Dipercaya makanan berlemak, digoreng, coklat, kacang, dan makanan manis menyebabkan munculnya atau memperparah jerawat. Mitos ini dipercaya tua dan muda. Ternyata belum ada bukti ilmiah yang menyokong hal tersebut. Melakukan pantangan makanan yang ketat tidak perlu dilakukan. Disarankan untuk kesehatan secara umum supaya cukup makan makanan yang seimbang yang mengandung cukup serat, rendah lemak, rendah garam, dan rendah gula.

2. Makanan berwarna gelap menyebabkan flek setelah jerawat sembuh
Sering disarankan untuk menghindari kecap dan minum kopi untuk mencegah flek kehitaman. Sebenarnya, flek berasal dari bekas radang, luka, paparan matahari, serta penyakit atau obat-obatan tertentu.

3. Memencet-mencet jerawat membuat isi jerawat keluar sehingga cepat sembuh
Hal ini salah besar karena memencet-mencet jerawat merupakan tindakan yang tidak sehat yang menyebabkan keradangan dan kerusakan kulit, menyebabkan jaringan parut, dan flek pasca jerawat.

4. Kebersihan kulit yang jelek menyebabkan jerawat
Mitos ini membuat penderita membersihkan wajah sangat berlebihan dengan sabun wajah yang mengandung bahan-bahan yang bias merusak kulit, sehingga malah menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kulit terasa sakit. Yang benar, bersihkan wajah 2 atau 3 kali dengan mild soap yang cocok untuk kulit.

5. Harus menghindari semua jenis make-up
Sebaiknya hindari make up yang berbahan oily, terutama occlusive foundation. Bedak ringan bias dipakai tanpa menimbulkan problem berat.pilih produk kosmetik yang baik.

6. Sinar matahari memperburuk jerawat
Belum ada bukti ilmiah untuk hal ini, tetapi panas matahari yang berlebihan bias menyebabkan flek pasca jerawat. Gunakan non-oily sunscreen.

7. Perawatan oleh beautician membantu membersihkan jerawat
Ekstraksi komedo yang baik dan benar cukup aman, tetapi hindari jerawat yang yang mengalami keradangan atau terinfeksi. Keahlian masing-masing beautician tidak sama. Perawatan wajah yg tidak relevan dengan mekanisme terjadinya jerawat tidak perlu.

8. Produk-produk oil blotters memperburuk jerawat
Belum ada bukti ilmiah, efeknya hanya sementara dan bias membantu mengurangi kilap wajah karena produksi sebum

9. Antibiotik sebaiknya dihindari karena tidak baik untuk badan
Antibiotik yang diminum kadang diperlukan untuk mengobati jerawat yang beradang atau yang parah yang tidak berespon terhadap obat topical. Tetapi penggunaannya harus benar dan rasional, konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: